Sabtu, 20 Desember 2008

Mandi Yang Bermanfaat

Mandi Yang Bermanfaat, Bukan Hanya Sekedar Mandi

Sebagian dari kita mungkin tak pernah terpikirkan bahwa mandi memiliki fungsi lebih dari sekedar membersihkan tubuh. Mandi yang bagus bukan hanya sekedar bersih dari bawah dagu hingga di balik telinga. Tak ada yang lebih menyenangkan dalam ritual mandi selain fungsi lainnya, yakni sebagai pereda ketegangan sepanjang hari! Apapun yang Anda lakukan, pekerjaan rumah tangga, bekerja di di balik meja selama berjam-jam, dering telepon yang tiada henti sepanjang hari, segala hal yang membuat Anda lelah seharian. Dan ketika hari ini barakhir, yang benar-benar Anda butuhkan adalah mendinginkan diri serta meredakan ketegangan. Nah, mandi atau berendam bisa jadi pilihan yang menyenangkan untuk mengembalikan ketenangan Anda. Berikut kami suguhkan beberapa tips mandi yang bermanfaat:

Mandi Garam

Menurut seorang ahli kulit yang dilansir Femine India, menyebutkan bahwa mineral dan garam membuat air mandi terasa lembut, selain juga membuat kulit jadi bersih plus halus. Berendam air garam membantu melepaskan racun dari tubuh. Untuk mandi dan sekaligus detox, Anda bisa menggunakan garam Inggris, garam laut, atau garam dari Laut Mati. Cara-cara ini akan membantu menambah proses detoxifikasi melalui keringat.

Campurkan dua cangkir garam laut, dua cangkir baking soda dan satu cangkir garam laut ke dalam mangkuk besar. Aduklah campuran tersebut. Tuangkan setengah atau lebih campuran tadi ke dalam bathtub atau bak mandi air hangat. Tambahkan dua sendok makan glycerol, atau essensial oil lain yang Anda sukai, untuk menjaga kulit Anda mengalami kering. Gunakan untuk berendam - atau guyurkan ke tubuh hingga dingin. Mandi dengan cara ini juga akan membuat kulit Anda terasa sejuk.

Peringatan: Bagi penderita tekanan darah tinggi, masalah jantung atau diabetes sebaiknya jangan melakukan mandi garam ini.

Memerangi Selulit

Bagi kaum wanita, selulit di paha dan bagian tubuh lain tentunya sangat mengganggu dan jadi pemandangan tak sedap. Ada cara mandi yang berguna untuk memerangai si selulit ini.

Tambahkan dua tetes minyak wintergreen, minyak peppermint, minyak serai, cengkih dan minyak salvia ke bak mandi Anda, tambahkan dua sendok makan garam Laut Mati. Garam laut ini berfungsi untuk mengurangi ketegangan otot, dan menambahkannya pada bak mandi juga berguna untuk melemaskan otor tegang, selain juga dapat mengencangkan dan mengetatkan kulit kendur Anda.

Air garam laut juga memiliki kandungan untuk melepaskan racun dari kulit. Essential oils akan meningkatkan struktur kesatuan lapisan lemak dan berfungsi bagus dalam mandi terapi selulit ini.

Mandi Sekaligus Therapi

Saat menambahkan essential oils pastikan tutupnya tertutup rapat untuk mengatur sebanyak mungkin aroma tetap terjaga. Tambahkan pada bak mandi sebanyak 8 sampai 10 tetas essential oil.

Peringatan: Bagi yang memiliki penyakit asama atau gangguan pernafasan tak dianjurkan melakukan mandi aroma therapi ini. Demikian juga bagi wanita hamil, tak diajurkan mengambil resiko dengan melakukan mandi aroma therapi ini. Jangan menambahkan dosis minyak hanya untuk melipat gandakan efeknya, gunakan sesuai dengan aturan, sebab penggunaan secara berlebihan malah dapat membuat kulit Anda teriritasi serta menimbulkan perasaan tak nyaman.

Zona Rilexk

Pada musim panas yang terik, kebanyakan dari kita tentu banyak direpotkan dengan masalah kulit, termasuk panas yang membakar. Untuk mengatasi ini Anda dapat menggunakan tiga tetes minyak lavender, tiga tetes minyak neroli dan dua tetes minyak geranium dalam air mandi Anda. Minyak-minyak ini akan membuat kulit Anda lembut dan sehat. Untuk mencegah keluarnya keringat secara berlebihan Anda dapt menambahkan dua tetes minyak serai wangi dalam air mandi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar